Senin, 06 Oktober 2014

LATIHAN SOAL IPS KELAS VIII (30 soal)



1.        Daendels menjadi Gubernur Jendral Hindia Belanda atas perintah . . . .
a.        Ratu Wihemnia
b.       Ratu Elisabeth
c.        Kaisar Nepoleon
d.       Dewan VOC

2.        Daendels dimusuhi para raja di Inodesia karena . . . .
a.        Memungut pajak dari rakyat
b.       Tanah raja dijadikan jalan
c.        Daendels tidak member upah
d.       Raja dijadikan pegawai pemerintah

3.        Pemerintah Raffles di Indonesia sedikit banyak memberikan perubahan kepada bangsa Indonesia. Perubahan – perubahan tersebut kecuali . . . .
a.        Memberlakukan sistem pajak tanah
b.       Menghapuskan kerja rodi dan perbudakan
c.        Menerapkan kebebasan dan kepastian hukum
d.       Melanjutkan sistem penyerahan

4.        Berikut ini adalah kebijakan Daendels di Hindia Belanda dalam bidang pemerintahan, kecuali . . . .
a.        Jawa dibagi menjadi Sembilan perfektur
b.       Penguasa lokal dijadikan pegawai pemerintah
c.        Mempertahankan sistem pemerintahan feudal
d.       Membenahi administrasi pemerintahan

5.        Buku Max Havelaar merupakan karya . . . .
a.        E. Douwes Dekker
b.       Van den Bosch
c.        Thomas Stamford Raffles
d.       Van Deventer

6.        Ketika Raffles mengalami kesulitan keuangan, kebijakan yang ditempuh adalah . . . .
a.        Menerapkan monetisasi
b.       Menjual tanah – tanah gubernemen
c.        Menerapkan wajib kerja dan pajak
d.       Utang kepada kerajaan – kerajaan yang kaya

7.        Yang dimaksud dengan uang kepala dalam kebijakan Raffles adalah . . . .
a.        Uang yang dimiliki setiap kepala rumah tangga
b.       Harga yang akan dibayar apabila bisa menangkap seseorang pemberontak
c.        Uang yang harus dibayar oleh orang yang tidak memiliki tanah
d.       Uang yang harus dikumpulkan kepada gubernur jendral

8.        Kebijakan pemerintah Belanda untuk membuka kesempatan bagi swasta agar menanamkan investasinya di Hindia Belanda dikenal dengan . . . .
a.        Politik etis
b.       Sistem monopoli
c.        Politik devide et impera
d.       Politik pintu terbuka

9.        Perhatikan beberapa kebijakan berikut ini!
1.       Mengeluarkan uang kertas dalam jumlah besar sehingga inflasi
2.       Meningkatkan pendapatan penduduk
3.       Menerapkan sistem sewa tanah
4.       Menjual tanah – tanah milik gubernemen
Kebijakan Daendels untuk mengatur masalah keuangan di Hindia Belanda adalah . . . .
a.        1 dan 2
b.       1 dan 4
c.        2 dan 3
d.       3 dan 4

10.   Setelah VOC bangkrut dan dibubarkan, semua kekayaan, utang piutang, dan daerah jajahannnya diambil alih . . . .
a.        Republik Bataaf
b.       Pemerintah Inggris
c.        Pemerintah Hindia Belanda
d.       Pemerintah Daendels

11.   Kebijakan sistem sewa tanah yang diterapkan oleh Reffles mengalami kegagalan disebabkan oleh faktor – faktor berikut, kecuali . . . .
a.        Masyarakat pedesaan belum mengenal sistem uang
b.       Sulit menentukan besar kecilnya pajak
c.        Terbatasnya jumlah pegawai
d.       Masyarakat lebih suka denga sistem penyerahan wajib

12.   Selain membagi Jwa menjadi enam belas karisidenan, kebijakan politik Raffles adalah . . . .
a.        Menerapkan aturan yun dalam pengadilan
b.       Menambah prajurit dan meningkatkan kesejahteraannya
c.        Membangun benteng – benteng baru
d.       Membangun jalan raya dari Anyer sampai Panarukan

13.   Perlawanan rakyat Maluku disebabkan oleh . . . .
a.        Belanda memaksakan kehendak agamanya kepada masyarakat Maluku
b.       Belanda mengadu domba antara Uli Siwa dan Uli Lima
c.        Belanda mendirikan benteng – benteng baru
d.       Pemerintah kolonial memberlakukan kembali penyerahan wajib

14.   Pada awalnya Perang Padri merupakan pertentangan antara . . . .
a.        Kaum adat dan Belanda
b.       Belanda dan kaum adat
c.        Kaum Padri dan Kaum Nasrani
d.       Kaum adat dengan kaum Padri

15.   Praktik tanam paksa yang diterapkan Van den Bosch terbukti menyengsarakan rakyat. Salah satunya adalah berlangsungnya kebijakan cultuuprocenten yaitu . . . .
a.        Kebijakan untuk mengambil alih tanah – tanah produktif
b.       Hadiah yang diberikan kepada para penguasa lokal
c.        Besaran pajak yang harus dibayar rakyat
d.       Kebiasaan membeli upati

16.   Partai – partai yang menggunakan taktik kooperatif dan partai – partai yang menggunakan nonkooperatif mempunyai persamaan dalam hal . . . .
a.        Struktur organisasinya
b.       Modal perjuangannya
c.        Sika perjuangannya
d.       Tujuan perjuangannya

17.   Perubahan masyarakat Indonesia akibat diadakan pendidikan oleh pemerintah kolonial Belanda adalah . . . .
a.        Timbulnya kesadaran kesukuan
b.       Timbulnya kesadaran nasioanl
c.        Munculnya orang kay yang moderat
d.       Lahirnya kesadaran wanita untuk bersatu

18.   Politik etis yang dilaksanakan pemerintah Kolonial Belanda ternyata bermanfaat bagi bangsa Indonesia karena menglahirkan golongan . . . .
a.        Terpelajar yang sadar tentang nasib bangsanya
b.       Cendikiawan yang mampu mempersatukan bangsanya
c.        Menegah yang sadar tentang perjuangan kelompoknya
d.       Bangsawan yang sadar tentang martabatnya

19.   Salah satu faktor dari luar negeri yang mendorong timbulnya pergerakan nasional Indonesia adalah . . . .
a.        Pengaruh moderenisasi Asia
b.       Propaganda Jepang yang ingin membebaskan bangsa Indonesia dan penjajahan
c.        Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905
d.       Adanya politik etis

20.   Tujuan diselenggarakannya Kongers Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 adalah . . . .
a.        Mempropagandakan ikrar Sumpah Pemuda
b.       Menyatukan gerakan pemuda Indonesia
c.         Mengibarkan bendera merah putih pertama kali
d.       Mengambil alih kepemimpinan nasional

21.   Haji Samanhudin mendirikan Serekat Dagang Islam dengan tujuan . . . .
a.        Menolak monopoli dagang yang dilakukan Belanda
b.       Membela kepentingan pedagang Indonesia dari persaingan dengan pedagang Cina
c.        Memajukan perekonomian rakyat
d.       Mencapai kemerdekaan Indonesia

22.   Peranan organisasi Budi Utomo pada masa pergerakan nasional adalah . . . .
a.        Memajukan pertanian, pertenakan, dan perdagangan
b.       Mempertegas semangat nasionalisme
c.         Memajukan pengajaran dan meningkatkan derajat bangsa
d.       Memperjelas tujuan perjuangan bangsa mewujudkan kemerdekaan

23.   Gerakan sosial wanita yang dipelopori ole R.A. Kartni mempunyai peranan penting yaitu . . . .
a.        Memprotes dominasi pria atas kaum wanita
b.       Mengangkat derajat wanita lewat pendidikan
c.        Menciptakan persaingan sehat antara pria dan wanita
d.       Menyadarkan keunggulan wanita

24.   Tokoh mahasiswa kecewa dengan rerak organisasi Budi Utomo adalah . . . .
a.        Sutomo
b.       Tjipto Mangunkusumo
c.        Suwardi Suryaningrat
d.       R.M. Tirtokusumo

25.   Alasan Sarekat Islam mengadakan disiplin partai pada tahun 1921 adalah . . . .
a.        Keanggotaannya tidak berasal dari kaum pedagang saja
b.       Adanya infiltrasi komunis sosial dari ISDV
c.        Banyaknya anggota yang berpihak kepada Belanda
d.       Adanya pertentangan antara golongan Islam dan sekuler

26.   Salah satu peran pers dalam pergerakan nasioanal adalah  . . . .
a.        Menyebarkan cita – cita kemerdekaan
b.       Menyerap dan menyimpan cita – cita bangsa
c.        Mendukung terciptanya stabilitas nasional
d.       Memantau perkembangan dunia

27.   Pengaruh Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi perjuangan Indonesia adalah . . . .
a.        Perjuangan hanya bisa dilakukan oleh para pemuda
b.       Belanda mulai bersikap lunak kepada tokoh nasionalis
c.        Tidak ada lagi organisasi pergerakan karena telah disatukan
d.       Memperkuat tekad pada pemuda untuk bersatu

28.   Sekolah yang didirikan oleh tokoh nasionalis disebut sekolah kebangsaan sebab . . . .
a.        Bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme di kalangan rakyat
b.       Terbuka untuk kaum pribumi Indo – Eropa
c.        Tidak menggunakan bahasa Belanda sebagai bahasa pengantar
d.       Kurikulumnya merupakan perpaduan antara kurikulus lokal dan penjajah

29.   Kemenangan Jepang atas Rusia memberikan pengaruh positif bagi pergerakan nasional Indonesia karena . . . .
a.        Membangkitkan kepercayaan Indonesia akan kekuatan sendiri
b.       Jepang membantu perjuangan bangsa Indonesia berupa persenjataan
c.        Indonesia dapat meminta bantaun Jepang untuk Mendesak Belanda
d.       Kekalahan Rusia menandai kekalahan bangsa Eropa seluruhnya

30.   Makna Sumpah Pemuda bagi perjuangan kemerdekaan adalah . . . .
a.        Mendorong semangat persatuan dan kebangsaan
b.       Meningkatkan semangat organisasi
c.        Mendorong pemuda untuk mendirikan perkumpulan
d.       Merupakan modal perjuangan di daerah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar